HOTLINE

0822 800 97473

: bengkulusatu.co.id@gmail.com 0822 800 97473 Jalan Letkol Syamsul Bahrun, RT 2 RW 4 Kelurahan Bentiring
Bengkulu Satu
SHARE :

Pesona Objek Wisata Di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi

27
11/2020
Kategori : Artikel & Opini
Komentar : 0 komentar
Author : bengkulu1


Pesona Objek Wisata Di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi

Provinsi yang terkenal dengan sebutan Padma Raksasa(Bunga Raflesia) ini menyimpan berbagai objek wisata yang sangat cantik dan sangat memukau dan tentunya dapat memanjakan mata setiap penikmat nya.

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Sumatera.Bengkulu menjadi terkenal karena salah satu The Founding Father Of Indonesia pernah di asingkan disini. Dan kini, rumah pengasingan Soekarno menjadi salah satu destinasi wisata wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan Macanegara.

Bengkulu memiliki berbagai objek wisata yang sangat cantik dan menarik. Karena,terletak di pinggir laut atau berdekatan dengan laut. Pastinya objek wisata di Bengkulu tak lepas dari pantai-pantainya yang cantik.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas beberapa objek wisata menarik dan tentunya wajib kamu datangi jika berkujung ke kota Bengkulu.

  1. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah yang pada mulanya merupakan milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi Pemerintah Belanda, lalu disewa oleh Belanda sebagai tempat Bung Karno selama diasingkan. Nah, Di tempat ini Bung Karno tinggal dari tahun 1938 sampai dengan 1942.

Penuh Sejarah

Di tempat ini juga Soekarno bertemu dengan Ibu Fatmawati yang kelak menjadi istrinya dan merupakan orang yang menjahit bendera merah putih di saat proklamasi 17 Agustus 1945. Walaupun berada di pengasingan, Soekarno tidak pernah berhenti menyusun berbagai strategi perjuangan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Tempat wisata ini juga menyimpan bermacam benda bersejarah, diantaranya adalah sepeda ontel kesayangan Bung Karno, surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati, sampai dengan koleksi buku serta barang peninggalan Soekarno lainnya.

Harga Tiket:  Untuk dapat masuk lokasi wisata ini, anda harus membayar tiket seharga R 2.500,-.

  1. Pantai Tapak Paderi

Pantai yang memiliki garis pantai panjang dan indah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Tapak Paderi awalnya adalah pelabuhan laut pertama yang ada di Bengkulu yang bermanfaat sebagai pendukung transportasi laut Pemerintah Inggris yang lokasinya dekat dengan Benteng Marlborough.

Keindahan yang dapat dinikmati?

Dari pantai ini anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dan dari atas Tapak Paderi akan terlihat cantiknya laut Bengkulu. Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berada di sini selain main di pantai dan main pasir adalah menyusuri kawasan pantai dan menikmati lezatnya jagung bakar.

  1. Pantai Panjang

Pantai Panjang mempunyai garis pantai yang panjang, sesuai dengan namanya yaitu mencapai 7 km. Fasilitas yang tersedia di obyek wisata Bengkulu yang satu ini tergolong lengkap mulai dari penginapan, area bermain anak-anak, pusat belanja, sampai dengan restoran dan café serta area olahraga, semuanya tersedia.

Tansportasi dan Keindahan alam

Apabila ditempuh dari pusat kota menuju Pantai Panjang, kita membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jarak kurang lebih 3 km. Keindahan pantai ini terletak pada pepohonan cemara dan pinus yang banyak tumbuh di bibir pantai, pasir putih halus dan bersih, serta sunset yang menawan. Kegiatan yang dapat dilakukan ketika berada di Pantai Panjang antara lain adalah jogging, bermain voli pantai, serta surfing menaklukkan ombak pantai ini. Jika anda merasa lapar, silakan memilih tempat makan yang banyak terdapat di sekitar Pantai Panjang. Pilih yang sesuai dengan selera anda.

  1. Danau Dendam Tak Sudah

Danau yang memiliki panorama memikat ini berlokasi di Kota Curup, Bengkulu Utara.

Perjalanan

Apabila ditempuh dari pusat Kota Bengkulu maka jaraknya kurang lebih 6 km. Danau ini mempunyai flora dan fauna yang begitu kaya, ditambah dengan banyak bukit hijau yang mengelilinginya membuat danau berhawa sejuk segar ini dijadikan kawasan cagar alam.

Aktivitas dan kegiatan

Salah satu hal menyenangkan yang dapat dilakukan ketika anda berwisata ke Danau Dendam Tak Sudah adalah naik rakit berkeliling danau serta memancing.

  1. Benteng Marlborough

Dari sekian banyak daftar tempat wisata di Bengkulu yang wajib di kunjungi, salah satunya adalah banteng Marlborough. Benteng Marlborough merupakan benteng Inggris yang berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk Kota Bengkulu sebagai suatu daerah perdagangan serta monopoli lada. Benteng ini letaknya ada di Pantai Barat Sumatera.

Penuh Sejarah 

Benteng yang konon merupakan benteng Inggris yang paling kuat di bagian timur setelah Benteng St. George yang berlokasi di Madras, India, ini dibangun oleh East India Company atau EIC pada masa pemerintahan Gubernur Joseph Callet yang berlangsung pada tahun 1713 sampai dengan 1719. Benteng yang gagah berdiri di atas lahan seluas 44.100 meter persegi dengan panjang areanya 240,5 meter dan lebar mencapai 170,5 meter, letaknya saling bertolak belakang dengan Samudera Hindia. Salah satu obyek wisata sejarah di Bengkulu ini bentuknya mirip sekali dengan kura-kura. Jadi ada jembatan yang menjadi penghubung  bagian badan dengan kepalanya.

  1. Pulau Tikus

Tempat wisata di bengkulu yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah pulau tikus. Pulau Tikus luasnya sekitar 1,5 hektar. Ini adalah salah satu pulau yang ada di Bengkulu yang sekelilingnya memiliki terumbu karang luas. Terumbu karang ini adalah benteng alami yang melindungi Pulau Tikus dari abrasi yang disebabkan oleh gelombang air laut yang besar. Daya tarik dari Pulau Tikus adalah panorama alam yang mempesona, air laut yang bening, batu karang cantik serta ikan berwarna-warni. Di sini kita bisa melakukan snorkeling untuk melihat lebih dekat batu karang yang cantik itu.

Letaknya 10 km sebelah barat Kota Bengkulu. Pulau ini berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk mencapai obyek wisata Pantai Tikus, kita dapat sewa kapal dari Pantai Jakat dengan waktu  tempuh selama kurang lebih 1 jam. Kalau sewa boat, waktu tempuhnya akan lebih singkat yaitu sekitar 40 menit apabila kita dari Pelabuhan Pulau Baai. Dahulu pantai ini dimanfaatkan sebagai tempat kapal-kapal berlindung dari dahsyatnya ombak Samudera Hindia. Sayangnya terumbu karang di Pulau Tikus, lama kelamaan menjadi rusak. Hal ini terjadi akibat ulah manusia yang merusak ekosistem terumbu karang itu. Abrasi yang kian cepat dari tahun ke tahun yang melanda Pulau Tikus menyebabkan luas pulau semakin menyempit.

 

  1. Air Terjun Curup

Tempat wisata di bengkulu yang paling indah berikutnya adalah air terjun curup. Apabila anda tengah berada di Bengkulu, jangan lupa juga untuk datang melihat keindahan air terjun ini. Dengan alam hijau di sekitarnya dan juga adanya danau, sangat menarik dijadikan destinasi wisata keluarga.

Keunikan

Air terjun curup memiliki banyak keunikan yang dapat membuat anda sangat menikmati wisata alam dari provinsi bengkulu ini, diantaranya adalah ada beberapa air terjun, bukan hanya satu saja. Air dan pemandangan yang sangat menonjol di sekelilingnya.

Selain itu air terjun ini juga memiliki batu batuan serta dangkal yang memuatnya dapat dijadikan tempat berendam bagi wisatawan

  1. Pantai Teluk Sepang

Bagi anda yang ingin melakukan olahraga selancar atau pecinta selancar, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Teluk Sepang yang memiliki ombak setinggi 3-4 meter ini. Kawasan ini tak hanya ramai kunjungan wisatawan lokal, tetapi juga pelancong asing yang tertantang untuk menaklukkan ombak Teluk Sepang.

Keindahan alam

Di pantai teluk sepang ada banyak pemandangan indah yang dapat anda saksikan seperti :

  • Pasir pantai
  • Pohon dan tumbuhan unik
  • Besung yang menjulang.

Keindahan alam pantai ini yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan lokal.

  1. Sungai Air Berau

Seperti halnya tempat wisata di Blitar yang memiliki objek wisata arung jeram, Obyek wisata Bengkulu yang selanjutnya adalah Sungai Air Berau. Ini cocok sekali bagi anda yang suka petualangan. Di sungai ini anda bisa melakukan olahraga arung jeram yang dapat memicu adrenalin. Arus sungai yang begitu deras membuatnya pas untuk melakukan arung jeram. Selain olahraga arung

Tempat olahraga air

jeram, yang menjadi daya tarik obyek wisata yang satu ini adalah adanya upacara adat bernama upacara anak daro  mandi ke air, maksudnya adalah upacara memandikan bayi baru lahir ke Sungai Air Berau.

Alamat : Kabupaten Muko-muko, Bengkulu

10.Danau Mas Bahari

Letak danau yang satu ini dekat dengan Bukit Kaba. Apabila ditempuh dari pusat Kota Curup kita dapat menempuhnya dengan jarak kurang lebih 17 km. Danau Mas Harun Bastari merupakan salah satu obyek wisata keluarga favorit di Kota Bengkulu.

Wahana dan permainan

Wahana yang dapat dijumpai di sini antara lain adalah perahu dan sepeda air yang biasa digunakan untuk menjelajah danau. Anak-anak tentunya akan suka apabila diajak untuk berwisata ke tempat yang satu ini karena ada pula area bermain anak. Dengan permainan antara lain adalah komidi putar dan kursi ayun. Luas dari obyek wisata yang satu ini yaitu 36 hektar dengan bukit-bukit di sekitarnya banyak yang ditanami aneka sayur mayur yang segar. Alamat : Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong (tepi Jalan Raya Curup-Lubuk Linggau).

 

Penulis : Rebby Cherien Putri Akhillah

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar