Uncategorized

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, BEM FH UNIB Bersama Mahasiswa dan Ormawa Bersihkan Pantai

Gerakan Bersih Pantai dalam Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021 oleh BEM FH UNIB Bersama Mahasiswa dan Ormawa

Dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional 2021 untuk menjaga pantai bersih dari sampah, bidang Sosial dan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bengkulu melaksanakan Gerakan Bersih Pantai (Kan Ber Thai), Sabtu tanggal 6 Maret 2021. Tujuan dilaksanakannya gerakan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi mahasiswa dalam menjaga lingkungan pesisir pantai untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari pesisir.

Para Mahasiswa antusias membersihkan sampah di Pantai

Menurut Maulana Taslam selaku Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Bengkulu, menyampaikan kata sambutan “Mahasiswa FH UNIB sebagai pemuda harus menjadi inisiator dan peduli melihat kondisi lingkungan sekitar. Dengan adanya Gerakan Bersih Pantai ini, harapannya ke depan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat dan stimulus bagi pemerintah agar lebih responsif menyikapi persoalan sampah yang ada di Bengkulu, agar lingkungan hidup di segala lini terbebaskan dari tumpukkan sampah” katanya.

Gerakan Bersih Pantai ini tidak hanya dilaksanakan oleh anggota BEM FH UNIB saja tetapi juga bekerja sama dengan organisasi mahasiswa selingkup Fakultas Hukum yakni KAMUS, PARADISE, PARALEGAL, WAMI, MAHUPALA dan CNW. Selain itu, Ketua BEM FH UNIB Maulana Taslam mengucapkan terimakasih kepada seluruh rekan-rekan Mahasiswa yang telah sama-sama bersinergi dan selalu mensupport kegiatan bersih pantai ini dan juga berterimakasih kepada Muhammad Awalli Hafidh Haryanto selaku Ketua Bidang Sosial dan Masyarakat BEM FH UNIB yang telah membantu serta mengarahkan semua peserta kegiatan Bakti Sosial “Kepada teman-teman delegasi ormawa yang sebelumnya telah membantu dalam kegiatan yang telah dilakukan ini semoga hubungan baik antara BEM FH UNIB dengan Ormawa FH UNIB dapat berjalan dan bekerjasama dengan baik” ungkapnya.

Berdasarkan kegiatan ini, sampah yang dominan ditemukan di Kawasan pesisir Pantai Berkas adalah karung bekas beras, sampah kemasan makanan dan minuman, sedotan plastik, popok bayi, dll. Sebagian dari sampah yang ditemukan sudah dalam keadaan rapuh dan telah terurai menjadi butiran-butiran plastik yang lebih cukup lama dan tidak bisa terurai yang sering disebut Mikroplastik. Yang mana hal ini justru lebih berbahaya karena terakumulasi dalam tubuh organisme laut.

Jumlah sampah yang terkumpul dan diangkut dalam Gerakan Bersih Pantai ini kurang lebih terdapat 12 karung goni sampah. Bisa kita lihat bahwa banyaknya sampah yang ada di pesisir Pantai Berkas ini tidak didaur ulang dengan baik dan menyebabkan penurunan kualitas lingkungan maupun keindahan pantai. Oleh karena itu, marilah kita sama-sama saling bekerja sama mengajak saudara, teman dan keluarga kita untuk menjaga lingkungan laut dengan mulai memilah dan membuang sampah ke tempat yang semestinya.

Bidang Medinfo BEM 2020/2021

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button