Nasional

Usai Raup Keuntungan Rp 629 Triliun, Bos TikTok Mundur

Bengkulusatu.id – Aplikasi yang mendapatkan pro dan kontra di Indonesia ini ternyata memang menarik untuk dibahas. Pembahasan dari keluarnya norma anak bahkan dewasa, sampai goyangnya trafik youtube.

Popularitas TikTok selama ini telah memberikan Zhang Yiming, Founder ByteDance yang menaungi platform tersebut, kekayaan sekitar USD 44 miliar atau setara Rp 629 triliun. Dia juga menjadi salah satu dari 30 orang terkaya di dunia.

Ternyata beberapa bulan maret lalu, Yiming memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisinya itu. Salah satu alasannya supaya bisa punya lebih banyak waktu buat membaca buku dan melamun.

Dalam surat pengunduran dirinya, pengusaha berusia 38 tahun tersebut bilang dia enggak terlalu suka bersosialisasi dan lebih memilih sendirian.

“Sejujurnya aku kurang memiliki skill sebagai manajer yang ideal. Aku lebih suka menghabiskan waktu sendirian sambil online, baca buku, dengerin lagu, dan melamunkan hal yang bisa aku wujudkan,” ungkapnya, dilansir The Verge.

Yiming akan mengisi jabatan berbeda di ByteDance, yang lebih fokus kepada strategi jangka panjang, budaya perusahaan, dan tanggung jawab sosial.

Yiming telah mempertimbangkan posisi CEO akan digantikan oleh Co-Founder Liang Rubo. Perubahan ini bakal dimulai pada akhir 2021.

“Aku pikir orang lain dapat mendorong kemajuan dan melakukan manajemen sehari-hari yang lebih baik,” lanjutnya.

Zhang Yiming lahir di Provinsi Fujian, China, pada 1983. Orang tuanya bekerja sebagai pegawai negeri.

Awalnya dia kuliah di jurusan Mikroelektronika, tapi kemudian pindah ke Software Engineering di Nankai University dan lulus pada 2005.

Setelah lulus, Yiming bekerja di startup Kuxun dan sempat bergabung dengan Microsoft. Hingga akhirnya pada 2012 dia mendirikan ByteDance. [**]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button